KOMUNIKASI EFEKTIF

Komunikasi termasuk hal mendasar dalam kehidupan manusia. Komunikasi kegiatan merupakan kegiatan sehari hari. Kita bertemu dengan orang, langsung atau tidka langsung kita melakukan komunikasi. Walau komunikasi kita lakukan setiap hari , tetap saja  kesalahpahaman atau mis komunikasi. Karena itu, kita perlu memahami bagaimana teknik komunikasi yang efektif.

Komunikasi efektif adalah pesan yang diterima oleh komunikan sama dengan apa yang dimaksud oleh komunikator. Kalau terjadi kesalahpahaman, si komunikator harus menganalisis  apakah komunikasinya  sudah efektif. Artinya, pesan yang disampaikan sudah dapat diterima  sesuai  dengan apa yang dimaksud.

Setiap pelaku komunikasi dapat menerapkan komunikasi yang efektif dan mendapatkan tujuan yang ia inginkan. Yang terpenting adalah terus melatih  teknik-teknik komunikasi yang efektif.

Teknik  komunikasi efektif :

  1. Perspektif

Pelaku komunikasi harus sama persepsinya.

Bedakan mana opini dan mana kesimpulan. Opini diambil dari perasaan dan pengamatan pribadi. Kesimpulan diambil dari fakta.

  • Komunikasi Verbal .  Ini harus dilatih. Kita harus melihat, kita  berkomunikasi dengan siapa. Dengan sahabat, keluarga, mitra seprofesi atau teman bisnis. Masing-masing punya bahasa komunikasinya.

Kalau kita canggih komunikasi verbal, kita bisa menggunakan terminologi yang pas dengan teman bicara. 

Kita harus paham kata-kata abstrak, metafora, satire dsb.

         Bahasa penting dalam komunikasi. Bahasa adalah alat komunikasi,

  • Komunikasi non verbal, seperti gesture tubuh, ekspresi wajah bahkan diam. Diam juga komunikasi. Diam bisa berarti tidak senang, marah danlainnya.

Komunikasi non-verbal memiliki peranan yang kuat. Maka itu perlu dilatih. Misalnya, kita mengontrol mimik wajah. Mungkin saja wajah kita memang cenderung seperti orang tidak ramah sehingga kerap membuat orang lain salah paham. Kita dapat melatihnya dengan sering-sering senyum di depan kaca atau senam wajah, supaya wajah  lebih rileks.

Berkomunikasi via media sosial juga disebut komunikasi non verbal. Kita tidak bertemu langsung dan  tidak dapat melihat mimik wajah atau intonasi suara yang bicara. Komunikasi di media sosial sering  menimbulkan kesalahpahaman. Maka itu, perlu paham  bahasa tulisan. Bahasa tulisan punya teknis dan etis nya sendiri.  

Dalam berkomunikasi, kita harus buka mata, buka telinga dan buka hati, sehingga bisa  fokus mendengar pesan yang disampaikan. Jangan badan kita hadir tapi pikiran entah berada dimana. Atau kita sibuk dengan pikiran sendiri.. Komunikasi tidak  efektif.

Orang yang fokus mendengar pesan, dia akan merespon pesan yang disampaikan, seperti, oh ya, oh masak begitu. Bila dalam komunikasi kita hadir, maksudnya fokus, buka mata, buka telinga dan buka hati, orang merasa dihargai, sehingga dia menyampaikan pesan dengan baik Komunikasi menjadi efektif.  

Teknik lain dalam komunikasi efektifL

  1. Menyebut nama yang tepat dari lawan bicara kita. Penyebutan nama itu punya efek psikologis. Ada getaran emosional disana, yang membuat orang jadi akrab.
  2. Bicara jelas. Mengucapkan kata kata dengan  jelas dengan  artikulasi yang betul.
  3. Mengangkat topik-topik yang  menarik
  4. Memperhatikan Tata Krama dalam Berbicara.

Hindari kata – kata yang terkesan menyinggung hal – hal pribadi. Jangan memotong pembicaraan .

  • Perlu kontak mata
  • Perlu Ssenyuman
  • Memiliki emphati. Artinya, peduli terhadap  kondisi dan situasi lawan bicara
  • Mengungkap diri. Ini dapat menimbulkan simpati
  • Tidak banyak memuji diri sendiri
  • Menggunakan kata kami atau kita

Manfaat Komunikasi Efektif

  • Pesan tersampaikan dengan baik.
  • Pesan diterima sesuai dengan yang kita maksudkan dan harapkan.
  • Mengurangi terjadinya kesalahpahaman atau gagal paham
  • Konflik dan permasalahan dapat terselesaikan dengan cepat.
  • Hubungan baik  terjalin lebih erat.