Komunikasi dalam Keluarga

Komunikasi penting dalam keluarga.

Bagaimana  pendidikan anak ?

Bagaimana menanamkan nilai nilai pada anak ?

Semua itu butuh komunikasi.

Nilai-nilai yang dominan dianut anak adalah nilai yang diperolehnya dari rumah.

Begitu juga dalam cara berkomunikasi. PENTING ANAK DIAJARI BERKOMUNIKASI

Di rumah penting bagai orang tua untuk meneguhkan konsep komunikasi yang layak.

Orang tua harus memberi teladan  sama anak bagaimana berkomunikasi yang layak itu.

Idealnya, Pendidikan yang baik itu adalah dengan cara memberi teladan.  

Orang tua harus memberi teladan  sama anak bagaimana berkomunikasi yang layak .Orang tua perlu memberi contoh komunikasi yang benar.

 Orang tua harus menolak gurauan yang bermuatan olok olok pada  orang lain. Seperti tidak  mengata-ngatain orang lain, tidak   mengejek bentuk tubuh seseorang, perangai  dan keyakinan orang lain.

Anak harus dilarang mengejek keyakinan seseorang , terutama keyakinan spritual. Itu wilayah pribadi, domain manusia dengan Tuhannya. Kita harus bisa menerima seseorang, memahami dan menghormati keyakinan orang lain. 

PENTING ANAK DIAJARI BERKOMUNIKASI

Biasakan ngobrol santai penuh kasih sama anak. Pada waktu makan atau waktu-waktu senggangm biasakan ngorol. Bisa mengobrolkan tentang sekolah, teman dan keinginan-keiginan anak. Bila anak terbiasa berkomunikasi dengan orang tuanya, anak mampu mengekpresikan pikirannya dan bisa  curhat tentang masalah-masalah yang dihadapinya.

Kalau anak terbiasa berbahasa yang layak dalam komunikasi anak akan menjadi pribadi yang baik.    

Kegagalan berkomunikasi  merupakan kerusakan utama  hubungan antar manusia. Ingat, 9 dari sepuluh permasalahan disebabkan oleh mis komunikasi.

Untuk berkomunikasi dengan anak ,orang tua perlu menggunakan bahasa kasih. Jangan memanggil anak dengan sebutan yang menyakitkan hatinya seperti, si  rakus, pemalas, pengantuk dan sebagainya.     Orang tua harus senantiasa menyemaikan benih yang baik buat anak melalui komunikasi.

Secara teori, komunikasi  berada dalam ruang dan waktu. Artinya komunikasi berproses dalam ruang dan waktu tertentu. Komunikasi sebagai proses dapat dianalogikan dengan filsafat Heraclitus, filsuf Yunani  enam abad sebelum masehi. Heraclitus mengatakan bahwa semua itu mengalir dan tidak ada manusia melangkah  di sungai yang sama dua kali. Pada saat yang kedua, manusianya berbeda dan sungainya juga berbeda. Demikian pula dengan komunikasi. Komunikasi yang satu berbeda dengan komunikasi yang lain.

Setiap idividu adalah suatu sistem yang hidup. Organ dalam tubuh kita saling berhubungan bagai sebuah sistem. Bila ada kerusakan pada mata, maka kita akan merasa pusing  dan bila marah jantung kita akan berdebar debar. Komunikasi juga sebuah sistem. Komunikasi dapat memberi stress dan dapat memberi respon terhadap stress. Dan komunikasi dapat mengelola stress.

Revolusi teknologi internet  telah merubah pola-pola komunikasi antar manusia . Komunikasi internet email, video call, whattshape ,line dan lainnya  telah merubah cara berpikir dan cara bekerja kita. Komunikasi  internet mendobrak hambatan  ruang dan waktu . Sistem komunikasi internet  menerobos hirarki tradisional. 

Komunikasi adalah mekanisme kekuasaan sehingga bahasa menjadi sangat penting. Penggunaan bahasa itu sangat penting dalam komunikasi. kata “lady” bisa berarti sanjungan tapi bisa juga berarti perlu diberi perlindungan.