KHADAFI : Dibalik Wajah Seram, Zolim dan Otoriter, memiliki sensitive gender yang mempesona

Khadafi yang nama lengkapnya adalah Kolonel  Moammar Abu Minyar al- Khadafi, pemimpin puncak  Libya  sedang menjadi pergunjingan internasional. Sosok Khadafi telah menjadi symbol  pribadi yang mabuk, yang ingin menguasai peradaban serta contoh pemimpin yang buta, tuli dan ngotot, sehingga menjerumuskan pengikutnya ke lembah kesengsaran yang pekat.

pengawal_khadafi

pengawal_khadafi

Sesungguhnya, saat ini banyak negara  sedang  bergejolak dan  didera oleh berbagai macam krisis terutama krisis politik  perebutan kekuasaan seperti  Tunisia, Mesir, Sudan, dan lain-lain, tetapi  yang terpenting adalah Libya. Mengapa krisis Libya menjadi yang terpenting ? Apa karena  “Barat” menganggapnya penting?.  Mengapa Libya penting di mata negera-negara Barat, sehingga Barat melancarkan serangan militer ke Libya  ?  Melalui  serangan militer yang diberi nama Operasi Odyssey  Dawn , jet-jet tempur AS yang diperkuat dengan Pembom  B 2 Spirit  menjatuhkan  bom-bom strategis ke wilayah Libya, dibantu  tembakan-tembakan Rudal berjenis Tom-Hawk yang dilancarkan dari kapal perang AS . Kemudan pesawat negara-negara NATO lainnya  menyusul dengan menghancurkan  fasilitas, instalasi / pangkalan militer Libya tanpa balasan yang berarti dari Libya.

Tulisan ini tidak hendak membahas serangan militer tersebut, juga tidak ingin membahas kenapa Libya penting bagi Barat, walaupun  oleh beberapa pihak dinilai karena  faktor energi. Minyak yang dikandung tanah Libya sangat berharga, bukan hanya kerena jumlah kandungannya yang cukup besar, akan tetapi juga karena keunikan karekteristiknya. Tulisan ini ingin melihat sisi lain dari pemimpin Libya  Moammar Khadafi yang  merupakan seorang kepala negara yang cukup berpengaruh di Afrika. Dibalik wajah seram, zolim dan otoriter, ternyata dia memiliki sensitive gender yang mempesona.

pengawal Khadafi

pengawal Khadafi

Khadafi memegang pucuk pimpinan di Libya pada tanggal 1 September 1969 setelah memimpin kudeta  terhadap Raja Idris . Dia  dipandang sebagai pemimpin revolusi Libya yang sukses  dan penjaga negara yang kaya minyak . Libya bisa dikatakan negara Afrika yang sukses dalam pembangunan dan kestabilan rejim, dimana Khadafi telah berhasil memimpin Libya selama hampir 42 tahun, dan sekarang ini, dalam konflik  politik perebutan kekuasaan di berbagai negara , kelompok pro demokrasi  berhasil merebut kekuasaan  (Tunisia, Mesir ) dengan mudah,  namun kekuasaan di Libya hingga saat ini masih tetap bertahan, kekuasaan negara masih berada ditangan Khadafi.

Secara geopolitik Libya merupakan negara penting karena terletak dipersimpangan antara dunia Arab,  laut Mediterania dan  Eropa. Negara yang berada pada posisi silang  seperti itu, harus memiliki keberanian leadership seperti yang ditunjukan Khadafi. Menyadari bahwa  Libya penting secara geopolitik, maka  strategi kekuasaan Khadafi terfokus  kepada memperkokoh kekuatan dalam negeri  dengan mengayomi berbagai suku yang ada di Libya.

pengawal Khadafi

pengawal Khadafi

Sisi lain yang menarik untuk dibaca dari strategi kekuasaan  Khadafi adalah kebijakannya untuk memberdayakan potensi perempuan di bidang pertahanan dan keamanan. Sekalipun diberbagai sudut dunia, perempuan  masih berada pada posisi terendahkan dalam pandangan masyarakat, tetapi Khadafi mempercayakan  keselamatan negara dan dirinya kepada kelompok Perempuan. Pasukan Pengawal Presiden Libya semuanya berjumlah 40 orang yang semuanya adalah perempuan. Tidak hanya itu, mereka pun harus dalam kondisi perawan, yang mungkin saja merupakan penghargaan Khadafi terhadap kesucian seorang perempuan.

Pengawal Khadafi yang tergabung dalam Garda Amazon merupakan  keluaran  Akademi Militer yang khusus didirikan  Untuk mendidik tentara perempuan ini. Khadafi mendirikan  Akademi Militer Perempuan di Tripoli pada tahun 1979, sepuluh tahun pemerintahannya. Menurut Khadafi  Akademi Militer Perempuan yang didirikannya itu merupakan sebuah symbol emansipasi Perempuan Libya. Disaat Perempuan diberbagai penjuru dunia termasuk di negeri tercinta ini, masih terpenjara dalam berbagai norma dan konstruksi social, Perempuan Libya mendapat kehormatan sebagai “ punggawa “ Negara dimana setiap anggota Garda Amazon ini memiliki kemampuan menembak dan bela diri yang sangat mumpuni.pengawal Khadafi

Inilah salah satu keberanian leadership yang dimiliki Khadafi, sehingga dia  mampu menjadi pelopor emansipasi Perempuan  dengan  meretas tabu social yang menutup ruang dan gerak perempuan di ruang publik. Hal ini didasari oleh janjinya kepada ibundanya, ‘ Aku  berjanji pada ibuku untuk memperbaiki keadaan kaum Perempuan di Libya “.

Ibu Khadafi seorang perempuan  dari suku Badouin  yang lahir ketika Libya masih berada dalam koloni Italia. Perempuan yang tidak bisa tulis baca ini, tetapi sangat mahir memanah, mungkin telah membesarkan Khadafi dengan pola asuh :  kebebasan, keberanian dan kepemimpinan yang belum ada teorinya, sehingga  melahirkan seorang Khadafi yang memiliki keberanian leadership luar biasa yang   sekarang sedang dipergunjingkan dunia.

pengawal Khadafi

pengawal Khadafi

Sikap yang ditunjukan oleh Khadafi terhadap emansipasi tentu saja dapat dijadikan contoh bagi seluruh pemimpin didunia, dimana terlihat Khadafi mempercayakan keselamatan diri dan keluarganya kepada mahluk yang sering dianggap lemah dan tak berdaya. Selain itu, tentu saja sikap khadafi ini dapat dijadikan sebagai sebuah starting poin bagi pejuang emansipasi di negeri ini, bahwa ada kesempatan bagi perempuan untuk membuktikan kemampuannya, yang tentu dapat dijadikan cambuk untuk memajukan perempuan disegala aspek kehidupan. Tuntutan terhadap persamaan Hak dalam Gender, harus dibarengi dengan usaha keras untuk memajukan kualitas diri, dengan membentuk akademi-akademi khusus seperti yang dilakukan oleh Khadafi.

 pengawal khadafi