MEDITASI

Meditasi adalah sebuah metode yang dilakukan seseorang untuk melatih dirinya dalam memiliki sikap lebih baik dan bermanfaat. Banyak tujuan yang ingin dicapai oleh orang yang melakukan meditasi. Salah satu tujuan   yang diharapkan adalah keadaan jiwa yang  santai dan rileks, tidak mudah tegang dalam menghadapi berbagai situasi dan juga tidak mudah risau.

Meditasi  dilakukan secara berulang-ulang agar bisa menciptakan suasana batin seperti yang diharapkan. Jika belum  benar-benar selesai dengan diri , belum sirna  rasa sedih, khawatir, takut, putus asa yang merongrong kehidupan, janganlah berhenti  bermeditasi.

Meditasi itu bukan tentang duduk bersila, menegakkan garis punggung, mengatur nafas dan memejamkan mata. Tapi, meditasi itu adalah  tentang mempertautkan waktu dan usia dalam kebahagiaan hidup. Tidak diperkosa  oleh kesibukan duniawi, dan  diburu oleh hasrat bendawi.

Manfaat meditasi

Meditasi adalah obat anti-stres yang paling baik. Saat  mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernafasan menjadi cepat dan pendek dan  kelenjar adrenalin akan memompa hormon-hormon stres. Dengan  bermeditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernafasan menjadi tenang dan tingkat hormon stres menurun. Dengan bermeditasi kita bisa mendengarkan denyut jantung sendiri , bahkan lebih lanjut dapat mengkoordinasikan denyut jantung dengan irama keluar masuknya nafas.

Jika melakukan meditasi secara konsisten,  kita dapat sembuh  dari sakit tertentu. Rutin bermeditasi, organ-organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami keadaan baik dan bekerja lebih teratur. Konsentrasi berpikir meningkat, dapat membuang memori  buruk,  mengerti orang lain dan memaafkannya  serta meningkatkan kebijaksanaan (wisdom).

Tempat  ,Waktu dan Persiapan  Bermeditasi

Untuk bermeditasi   gunakan tempat yang bersih, tentu saja lebih baik  di udara alami. Hening, tidak terganggu oleh suara bising atau orang yang lalu lalang . Kalau pikiran sudah terlatih hal tersebut sudah tidak menjadi halangan lagi, meditasi dapat dilakukan dimana saja.

Meditasi dapat dilakukan kapan saja. Dianjurkan melakukan meditasi di pagi hari, karena pikiran belum disibukkan oleh berbagai kegiatan. Juga malam menjelang tidur. Ada yang melakukan meditasi 3 kali sehari, yaitu pagi hari, siang dan malam hari.  Sebelum bermeditasi perut dalam keadaan yang biasa saja, tidak terlalu lapar dan tidak terlalu kenyang. Bagus dilakukan satu jam setelah makan.

beberapa hal yang  perlu persiapkan untuk melakukan meditasi

  • Gunakan zafu (bantal bundar) atau gunakan bantal sofa atau bantal yang lain untuk memastikan kedua lutut bisa menyentuh lantai dan tubuh kita tidak terasa pegal karena bersila terlalu lama.
  • Gunakan pakaian olahraga ataupun pakaian yang longgar . Buatlah diri  senyaman mungkin. Jangan biarkan apapun mengganggu pikiran kita saat meditasi berlangsung.
  • pasang timer sesuai yang kita inginkan untuk memastikan bahwa kita bisa melakukan cara meditasi yang benar dengan cukup lama tanpa harus mengganggu konsentrasi dengan mengecek waktu. Sekarang dengan kecanggihan teknologi, ponsel bisa digunakan untuk timer.
  • Cara meditasi dapat dilakukan dengan duduk, berdiri, berbaring atau berjalan. Untuk pemula di anjurkan melakukan posisi duduk, karena pikiran belum terlatih. Dengan posisi duduk yang benar banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

Posisi duduk untuk bermeditasi 

  1. Duduk meditasi teratai penuh.

Posisi duduk ini dilakukan dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan, lalu angkat kaki kanan dan letakkan di paha kaki kiri.Kemudian angkat kaki kiri dan letakkan di atas paha kaki kanan dengan kedua telapak kaki menghadap ke atas.

Tempatkan kedua telapak tangan diatas paha, dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya tergantung dengan kenyamanan kita.

  1. Posisi setengah teratai

Posisi duduk ini dilakukan dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan, lalu angkat kaki kanan dan letakkan di paha kaki kiri. Kemudian tempatkan kedua telapak tangan diatas paha, dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya tergantung dengan kenyamanan kita.

    3. Posisi duduk biasa

Posisi duduk ini adalah yang paling mudah. Posisi ini dilakukan dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan. Lalu tempatkan kaki kanan di depan kaki kiri. Kemudian tempatkan kedua telapak tangan diatas paha, dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya tergantung dengan kenyamanan . 

Cara bermeditasi

Pertama, sebelum bermeditasi berdoa sesuai dengan keyakinan kita masing-masing. Kemudian, pejamkan mata dan mulailah merasakan dada. Setelah itu ucapkan dalam hati kalimat  yang mempunyai arti menguatkan pikiran kita.

Tarik nafas masuk melalui hidung,  lalu keluarkan nafas  melalui hidung juga dan rasakan sensasinya. Nafas masuk   dihitung dan nafas keluar juga dihitung, sampai hitungan sepuluh. Dan setiap sampai pada hitungan sepuluh di ulang dari awal lagi.

Dalam bermeditasi sering pikiran tidak mau diam dan menuruti instruksi. Mungkin baru hitungan ketujuh pikiran melamun, mengingat kejadian kejadian yang sudah lewat atau menghayalkan sesuatu yang terjadi di masa mendatang. Bila lupa sampai hitungan keberapa atau salah menempatkan hitungan, ulangi prosesnya dari awal, sampai timer menunjukkan tandanya untuk berhenti. Pikiran yang belum terlatih,  masih lemah dan liar.

Lakukan latihan secara bertahap, mulai dari sepuluh menit sampai dengan satu jam. Lakukan meditasi setiap hari secara teratur. Dan rasakan manfaatnya.

About mardety mardinsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*