DUNIA DIAMUK GELOMBANG VUKA

Dewasa ini ilmu pengetahuan teknologi  maju bagaikan  kuda   liar   yang   sulit   dikendalikan. Kemajuan  Ilmu pengetahuan dan teknologi   telah   melahirkan   krisis di berbagai sistem kehidupan. Orang pakar bilang gelombang VUKA sedang melanda dunia. VUKA  (vulnerable (rapuh), Uncertainty  (tidak pasti), compleksity (rumit) dan ambiguity ( rancu)  telah mengubah wajah dunia.  Dunia ekonomi, dunia politik dan lainnya telah  berubah dan perilaku manusia juga  berubah.

Dunia sedang diamuk  ketidakpastian. Dalam ketidakpastian perangai berbagai  sistem kehidupan tidak   pasti. Suatu  tindakan dapat   merubah   sistem dan kekuatan prediksi hilang. Sistem   kehidupan   pasar dapat diambil sebagai contoh. Ketika   pasar masuk   ke lingkungan   kreativitas terjadi   kompromi antara pelaku  kreativitas dengan pasar. Standar   penghargaan terhadap   kreativitas  tergantung bagaimana pasar menanggapinya.

Dalam  sistem ekonomi   pasar yang kita anut dewasa ini (liberalisme), kesejahteraan   individu   diserahkan   pada   mekanisme    pasar.  Ketidakmampuan   individu memanfaatkan   pasar   dipandang  kesalahan induvidu itu   sendiri.

Apa yang diperlukan menghadapi amukan gelombang VUKA  ini ?                                                      oma doktor

Yang perlu dilakukan :

  • Pemikiran Visioner (visionary)
  • gali potensi tersembunyi
  • ganti agen
  • Learning everything

 

Dari hal-hal di atas akan muncul kontruksi sosial baru. Konstruksi sosial  diperlukan untuk membangun masyarakat. Kontruksi sosial harus disesuaikan dengan perkembangan masyarakat. Dewasa ini, banyak konstruksi sosial yang sedang   dipermasalahkan karena  tidak sesuai lagi atau tidak didukung oleh masyarakat, seperti mengangkat konsep lama pribumi dan non pribumi.  Dalam era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang ini,  kita  harus   terampil berkomunikasi dan  terampil menyampaikan   pendapat. Menyusun, menganalisis dan menjabarkan  konsep serta menyelesaikan   masalah, merupakan kemampuan yang sangat diperlukan.

About mardety mardinsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*