DIPERLUKAN PENGATURAN ETIS BARU

 

Dalam perkembangan pesat perubahan kehidupan masyarakat makin terasa urgensinya mengajarkan etika. Makin disadari bahwa pendidikan meneger, ahli hukum, dokter,guru atau insinyur tidak lengkap bila tidak memberikan  perhatian pada dimensi etis. Studi etika membantu mereka meningkatkan kesadaran moral,  sehingga dapat   mengambil  keputusan etis yang tepat dan berkualitas.

Dewasa ini terjadi pergeseran pilihan-pilihan hidup . Ada gap  antar generasi dan terdapat perbedaan pandangan dan nilai –nilai hidup. Generasi baru yang dilahirkan oleh orang-orang tua yang besar di era Orba sudah berubah. Anak-anak yang besar di era MTV dan kemudian datang lagi generasi google dan youtube, cara berpikirnya sudah jauh berbeda dengan generasi Orba. Generasi milenial yang besar di era internet suka dengan sikap sikap di luar struktur, menghindari  formalitas, berpikir cepat dan ingin membuat terobosan baru. Persoalan hidup tidak lagi dilihat dengan mata melotot dan leher menegang,tapi mereka santai  saja.

Etika memberi makna pada hidup. Etika ada di ruang publik. Etika  selalu bekerja dalam diri seseorang. Ada standar moral yang perlu dipatuhi. Bila tidak ada standar moral , maka lahir kebiadaban. Orang tidak menghargai aturan aturan sosial. Namun dengan perubahan kehidupan masyarakat, aturan-aturan moral juga harus mengikuti. Teori etika mainstream atau selama ini dianut yaitu utilitarian dan deontologi  perlu dikritisi dan direvisi.  Masyarakat  telah  memerlukan pengaturan  etis baru. Baik dan buruk  harus bersifat kontekstual karena kebenaran bersifat kontekstual.

About mardety mardinsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*