Pilkada 2017, penegakan hukum adalah mutlak

Dalam Pilkada 2017, ada  101 pemilihan kepala daerah di seluruh Indonesia, tapi yang paling heboh adalah Pilkada di DKI Jakarta. Selama masa kampanye dan jelang pemungutan suara  situasi di ibu kota ‘memanas’. Pasalnya Calon Gubernur DKI Jakarta yang juga petahana, Basuki Tjahaja Purnama, tersangkut masalah hukum. Dia diduga menistakan agama, yaitu Al-Quran surat Al-Maidah ayat 51.  Para pendukung masing-masing paslon (pasangan calon)  Gubernur dan Wakil Gubernur saling mengancam dan melakukan ucapan-ucapan hasutan  sehingga ada yang  terjerat dalam   perbuatan melanggar hukum.

Bila Pilkada-Pilkada sebelumnya di DKI Jakarta, paslon  Gubernur dan wakil Gubernur  berperang visi dan misi dan mereka bicara soal konsep  dan perang konsep. Tapi Pilkada DKI Jakarta 2017 ini seperti kehilangan roh. Tiga pasangan calon yang ada saat ini, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Silviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, tidak banyak  menjelaskan kepada masyarakat mengenai program kerja lima tahun ke depan, tapi lebih banyak menghujat satu sama lain.

Apa yang dapat kita baca dari  arena permainan politik Pilkada  ? Ini adalah kontestasi perebutan kekuasaan di bidang pemerintahan daerah.  Tentu diharapkan kontestasi ini berlangsung secara baik, adil dan sesuai dengan undang-udang Pilkada. Sekalipun kekuasaan pada dasarnya tidak menghitung keadilan dan yang dipentingkan  kemenangan, tapi setidaknya menghindarkan diri dari sikap menghalalkan segala cara. Soal  etis harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai terjadi apa yang dikatakan Mustafa Bisri ( ulama dan budayawan) atas nama Tuhan melecehkan Tuhan, atas nama negara merampok negara, atas nama rakyat menindas rakyat, atas nama keadilan merusak keadilan.

Selamat menggunakan hak pilih dalam pilkada 2017. Penegakan hukum adalah hal yang mutlak.

Politik sebagai arena bermain untuk memperebutkan kekuasan, sangat terbuka terhadap berbagai kecurangan.

 

About mardety mardinsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*