Kamera Ponsel membangun komunitas

Gambar punya sejuta makna. Ungkapan ini tepat untuk menggambarkan peranan kamera ponsel. Satu orang misalnya berhasil  merekam vidio atau menjepret  foto sebuah peristiwa penting, kemudian melakukan mobloging, beberapa saat kemudian, orang diberbagai belahan dunia bisa berbondong-bondong  mengikuti berita dan mendownload  gambar lalu menyebarkannya secara luas. Kemampuann teknologi kamera ponsel dalam merekam foto dan vidio menjadikan dunia menyempit.

Perkembangan teknologi, seperti perkawinan  perangkat ponsel dan internet   telah sampai pada tahap yang mencaca 008cengangkan.  Sekarang ini, mengakses imternet bisa lewat perangkat bergerak, seperti ponsel, tanpa harus berlama-lama  menunggu proses downloading. Mengunduh file, image, musik dan vidio bisa dalam hitungan detik. Semua dapat dilakukan dengan perangkat ponsel.Saking dashatnya perkawinan ponsel dan internet, jejaring sosial makin merebak9 face book dan Tweeeter)  dan ada yang memperkirakan dengan penggunan ponsel dan internet akan menggeser kehandalan komputer. Ponsel memiliki kemampuan membuat foto dan teks sehingga ponsel  muncul sebagai kekuatan social network yang handal.

Sebagai contoh, seorang yang berada dibelantara Afrika misalnya, memposting gambar hewan liar hasil  bidikannya ke satu situs dan orang lain dapat menikmati gambar tersebut seolah-olah mereka  berada dekat hewan liar tersebut. Begitu juga dengan peristiwa sosial-politik, seperti kerusuhan sosial. Suatu peristiwa terjadi, maka detik berikutnya berita itu telah menyebar luas. Sangat mudah kan? Tinggal ambil gambar dari kamera ponsel, posting dan berita  tersiar kemana-mana.

Apa yang ingin penulis sampaikan dengan mengemukakan kecanggihan teknologi ponsel? Semua orang harus punya ponsel ?  Bukan. Atau kecanggihan ponsel harus dibatasi ? Tidak juga. Penulis menggagas agar meningkatkan kemampuan menulis. Asahlah kemampuan menulis.  Dalam teknologi  ponsel canggih ini kita perlu memiliki kemampuan menulis. Tulisan menarik dan full information akan cepat tersebar kemana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*